Pengunduran diri dalam pekerjaan

Kali ini saya mau menulis tentang masalah dalam bidang pekerjaan. Bukan tentang melamar kerja, wawancara kerja, maupun menghadapi tekanan pekerjaan, melainkan tentang pengunduran diri dalam pekerjaan. Kenapa saya membahas tentang hal ini? Karena saya banyak membaca dan melihat pengalaman-pengalaman orang lain tentang masalah pengunduran diri di kantornya. Tapi ini bukan pengalaman saya sendiri, karena saya cukup menikmati pekerjaan yang saya geluti saat ini.

Masalah pengunduran diri, bahkan niat untuk mengundurkan diri sudah merupakan hal yang menjadi perdebatan dalam diri sendiri. Hal ini karena sebagai manusia normal dalam hati kita sendiri berusaha melawan niat untuk mengundurkan diri dalam pekerjaan kita. Muncul pikiran bagaimana cara penyampaian, bagaimana tanggapan bos dan teman-teman, apakah akan muncul pro dan kontra, dan bagaimana mendapatkan pekerjaan lain setelah pengunduran diri?

Hal-hal seperti itu akan terus berbicara dalam diri kita. Ketakutan akan tanggapan orang-orang lain dan masa depan kerjaan nanti menjadi suatu momok yang cukup menyiksa.

Banyak alasan kenapa seorang karyawan, baik itu karyawan kontrak maupun karyawan permanen bisa memikirkan pengunduran diri dalam pekerjaannya. Mungkin bagi sebagian orang lain menilai bahwa pekerjaannya sudah mantap, bergaji tinggi, dengan posisi yang cukup menjanjikan sehingga muncul pertanyaan bagi orang lain kenapa dia bisa mengundurkan diri.

Alasan tekanan kerja merupakan alasan yang banyak menjadi penyebab timbulnya niat mengundurkan diri. Tekanan pekerjaan yang dirasa tidak seimbang dengan status dan gaji akan menjadi dorongan seorang karyawan untuk mengundurkan diri. Disamping itu, lingkungan dalam pekerjaannya bisa menjadi hal yang kuat untuk mengundurkan diri. Hubungan dengan rekan sekantor, atasan, dan klien yang kurang baik bisa menjadi tekanan dalm diri sendiri dalam pekerjaannya. Namun, hal ini lebih banyak dialami oleh karyawan baru dalam suatu perusahaan.Karyawan baru akan membutuhkan masa untuk beradaptasi dengan segala kondisi dalam kantor dan pekejaannya, sehingga cara beradaptasi itulah yang akan menentukan apakah dia mampu bertahan dan bersaing dengan rekan kerja dalam kantornya.

Jadi, sebelum kita memutuskan untuk begabung dengan suatu perusahaan, pastikan dulu bagaimana situasi di perusahaan tersebut dengan mencari infromasi di dunia internet atau menanyakan kepada rekan. Siapkan diri kita juga untuk kuat dan disiplin dalam menjalani pekerjaan tersebut. Masalah adaptasi dalam lingkungan kerja akan menjadi senjata tersembunyi bagi diri kita, sehingga pastikan kalau diri kita kuat dalam menjalani proses adaptasi dimana sikap dan prilaku rekan kerja berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment